Sabtu, 28 Juni 2014

Makanan Minuman Sehat Buka Puasa

makanan sehat buka puasa
Ketika berpuasa, kebanyakan orang mengalami dehidrasi ketika berbuka. Kita cenderung untuk langsung menyantap seluruh hidangan berbuka yang ada tanpa memperhatikan dampaknya.

Dilansir dari jpost.com, mengkonsumsi makanan berat seperti roti, gorengan, dan daging ketika baru berbuka dapat membuat Anda sakit. Tidak mau sakit perut saat berbuka bukan? Konsumsi lima makanan sehat di bawah ini:

Baca Juga Artikel Saya : 

Air


Apa hal pertama yang Anda ambil ketika waktunya berbuka? Sepiring makanan lezat atau segelas air mineral? Sebagian besar kita mungkin akan memilih air, namun kenyataannya adalah kebanyakan orang akan menghabiskan sajian makanan berat ketimbang meminum air terlebih dahulu. 

Selama puasa, kita tidak akan mengkonsumsi makanan dan minuman selama berjam-jam, dalam kondisi ini tubuh kita akan membatasi produksi enzim dan level gula darah akan menurun. Ketika kita kekurangan cairan dalam tubuh, kita akan dihadapi oleh dehidrasi, susah berkonsentrasi, sakit kepala, pening, kelelahan dan juga kesulitan untuk fokus.

Nah, untuk menghapus rasa lelah setelah bekerja seharian, sebelum mengkonsumsi sepiring makanan, pastikan Anda meminum minimal segelas air mineral dahulu.

Buah kaya air


Ketika berbuka, akan menjadi lebih baik dan sehat jika Anda memakan buah segar yang kaya akan air seperti semangka, anggur dan juga melon. Buah dengan kadar air yang tinggi dengan mudah akan dicerna oleh pencernaan sehingga tubuh Anda akan diisi kembali dengan nutrisi dan energi dengan cepat.

Sup

Selain buah segar, sup adalah ide baik sebagai teman buka puasa. Selain sehat, sup jelas tidak berbahaya untuk perut dan juga gampang dicerna. Sup berisikan sayuran akan memberi suntikan vitamin bagi tubuh Anda.

Ubi

Nah, perut Anda secara perlahan sudah beradaptasi dengan makanan dan minuman kembali, maka waktunya untuk karbohidrat! 

Eits, bukan sembarang makanan karbohidrat, makanlah ubi. Ubi menyediakan sejumlah energi yang cocok bagi tubuh setelah berpuasa. Ubi juga mengandung beta-karotin, vitamin C dan potassium. Untuk variasi Anda bisa mencampur ubi Anda dengan kayu manis.

Telur

Memang jarang telur menjadi primadona santapan berbuka. Namun, Anda bisa memulainya dari sekarang untuk mengkonsumsi telur saat buka. Selain mudah dicerna, telur adalah cara termudah untuk mengembalikan protein untuk tubuh. Satu telor menyediakan 6 g protein berkualitas dan 9 jenis amino acid penting.

Sumber : Merdeka.com 

Berlangganan artikel via email :

Delivered by SEO XT

Share On:

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Makanan Minuman Sehat Buka Puasa"

Posting Komentar

 
 
All Right Reserved - BLOG KANG ADI
Design by SEO XT | Powered By Blogger.com